Home

Sunday, September 16, 2018

GERABAH MASA PERUNDAGIAN


Pada masa perundagian peranan perunggu dan besi sangatlah penting, meskipun demikian peranan gerabah pun dalam kehidupan masyarakat masih sangat penting dan fungsinya didapat digantikan dengan mudah oleh alat-alat yang terbuat dari logam.

Pada umumnya gerabah dibuat untuk kepentingan rumah tangga sehari-hari. Dalam upacara keagamaan gerabah digunakan sebagai tempayan kubur, tempat sesaji. Masyarakat punya kebiasaan untuk menempatkan tulang-tulang mayat dalam tempayan-tempayan besar. Cara pembuatan gerabah pada masa perundagian lebih maju dari pada masa bercocok tanam. Penggunaan roda putar dan tatap batu dalam pembuatan barang gerabah pada masa perundagian berkembang pesat, bahkan di beberapa tempat masih dilanjutkan sampai zaman sekarang.

Bukti-bukti peninggalan benda-benda gerabah ditemukan di Kendenglembu (Banyuwangi), Klapadua (Bogor), Serpong (Tanggerang), Buni (Bekasi), Gilimanuk (Bali), Kalumpang dan Minanga Sapakka (Sulawesi Tengah), dan sekitar bekas danau Bandung, Melolo (Sumba), dan Anyer (Jawa Barat).

No comments:

Post a Comment